Karakteristik Guru yang Efektif
Mengutip pemikiran Davis dan Margareth A. Thomas dalam bukunya Effective Schools and Effective Teachers, Suyanto dan Djihad Hisyam (2000:29) mengemukakan tentang beberapa kemampuan guru yang mencerminkan guru yang efektif :
1. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan
berkaitan dengan iklim kelas :
- memiliki kemampuan interpersonal, khususnya kemampuan
untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada siswa,
dan ketulusan;
- memiliki hubungan baik dengan siswa;
- secara tulus menerima dan memperhatikan siswa;
- menunjukkan minat dan antusias yang tinggi dalam
mengajar;
- mampu menciptakan atmosfer untuk bekerja sama dan
kohesivitas dalam kelompok; melibatkan siswa dalam
mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan
pembelajaran;
- mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa
untuk berbicara dalam setiap diskusi; dan
- meminimalkan friksi-friksi di kelas jika ada.
2. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan
terkait dengan strategi manajemen :
- memiliki kemampuan secara rutin untuk menghadapi siswa
yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan
pembicaraan, dan mampu memberikan transisi dalam
mengajar; serta
- mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan
tingkatan berfikir yang berbeda.
3. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan
terkait dengan pemberian umpan balik dan penguatan
(reinforcement) :
- mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap
respon siswa;
- mampu memberikan respon yang membantu kepada siswa
yang lamban belajar;
- mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban yang
kurang memuaskan; dan
- mampu memberikan bantuan kepada siswa yang diperlukan.
4. Guru yang efektif memiliki kemampuan yang terkait dengan
peningkatan diri :
- mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara
inovatif;
- mampu memperluas dan menambah pengetahuan metode-
metode pengajaran; dan
- mampu memanfaatkan perencanaan kelompok guru untuk
menciptakan metode pengajaran.
Mengutip pemikiran Davis dan Margareth A. Thomas dalam bukunya Effective Schools and Effective Teachers, Suyanto dan Djihad Hisyam (2000:29) mengemukakan tentang beberapa kemampuan guru yang mencerminkan guru yang efektif :
1. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan
berkaitan dengan iklim kelas :
- memiliki kemampuan interpersonal, khususnya kemampuan
untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada siswa,
dan ketulusan;
- memiliki hubungan baik dengan siswa;
- secara tulus menerima dan memperhatikan siswa;
- menunjukkan minat dan antusias yang tinggi dalam
mengajar;
- mampu menciptakan atmosfer untuk bekerja sama dan
kohesivitas dalam kelompok; melibatkan siswa dalam
mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan
pembelajaran;
- mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa
untuk berbicara dalam setiap diskusi; dan
- meminimalkan friksi-friksi di kelas jika ada.
2. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan
terkait dengan strategi manajemen :
- memiliki kemampuan secara rutin untuk menghadapi siswa
yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan
pembicaraan, dan mampu memberikan transisi dalam
mengajar; serta
- mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan
tingkatan berfikir yang berbeda.
3. Guru yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan
terkait dengan pemberian umpan balik dan penguatan
(reinforcement) :
- mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap
respon siswa;
- mampu memberikan respon yang membantu kepada siswa
yang lamban belajar;
- mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban yang
kurang memuaskan; dan
- mampu memberikan bantuan kepada siswa yang diperlukan.
4. Guru yang efektif memiliki kemampuan yang terkait dengan
peningkatan diri :
- mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara
inovatif;
- mampu memperluas dan menambah pengetahuan metode-
metode pengajaran; dan
- mampu memanfaatkan perencanaan kelompok guru untuk
menciptakan metode pengajaran.
Referensi: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/
0 comments:
Post a Comment
Jangan melakukan SPAM dan berkomenlah dengan tata cara yang baik. Matur tampi asih.